Mata kuliah Desain Penelitian Doktor ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan merancang dan melaksanakan penelitian doktoral yang inovatif, orisinal, dan berdampak signifikan dalam bidang geodesi, surveying, hidrografi, penginderaan jauh, fotogrametri, sistem informasi geografis, dan kadaster. Mata kuliah ini menekankan pada pengembangan sikap dan karakter profesional, kemampuan mengembangkan teori dan memecahkan masalah melalui riset inter-, multi-, dan transdisipliner, serta kemampuan mengelola pembelajaran diri dan mengembangkan diri sebagai pembelajar sepanjang hayat.

Capaian Pembelajaran Lulusan

  1. CPL-K: Mampu menunjukkan sikap dan karakter yang mencerminkan: ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, etika dan integritas, berbudi pekerti luhur, peka dan peduli terhadap masalah sosial dan lingkungan, menghargai perbedaan budaya dan kemajemukan, menjunjung tinggi penegakan hukum, mendahulukan kepentingan bangsa dan masyarakat luas, melalui kreatifitas dan inovasi, ekselensi, kepemimpinan yang kuat, sinergi, dan potensi lain yang dimiliki untuk mencapai hasil yang maksimal.
  2. CPL-L: Mampu mengembangkan teori/konsepsi/gagasan baru dan memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang geodesi, surveying, hidrografi, penginderaan jauh, fotogrametri, sistem informasi geografis, dan kadaster melalui riset dengan pendekatan inter, multi dan transdisiplin hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji dalam bentuk disertasi dan makalah yang telah diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.
  3. CPL-M: Mampu mengelola pembelajaran diri sendiri, dan mengembangkan diri sebagai pribadi pembelajar sepanjang hayat untuk bersaing di tingkat nasional, maupun internasional, dalam rangka berkontribusi nyata untuk menyelesaikan masalah dengan mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dan memperhatikan prinsip keberlanjutan

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

  1. CPMK-1: Mahasiswa mampu menjelaskan ciri-ciri originalitas hasil penelitian
  2. CPMK-2: Mahasiswa mampu menganalisis perkembangan keilmuan dalam bidang yang akan ditelitinya, khususnya di bidang Teknik Geomatika
  3. CPMK-3: Mahasiswa mampu mengembangkan penelitian sesuai dengan state of the art dari penelitian nya
  4. CPMK-4: Mampu mengembangkan tahapan penelitian untuk menyelesaiakan permasalahan penelitian yang telah ditetapkan
  5. CPMK-5: Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian disertasi dengan ciri-ciri: originalitas usulan, metode yang dipilih, sitasi yang digunakan, etika dan Bahasa ilmiah yang digunakan
  6. CPMK-6: Mahasiswa mampu mempresentasikan proposal penelitian