DKV Konseptual adalah MK riset untuk menghasilkan konsep inovatif bagi eksekusi desain pada Tugas Akhir (TA).
DKV Konseptual membahas ide judul yang berangkat dari permasalahan, kebutuhan dan user needs insight (design thinking), sehingga akan menghasilkan karya yang menjadi solusi inovatif bagi kebutuhan dan pasar, dengan pendekatan akademik keilmuan dan keprofesian DKV. Oleh karenanya, perimis mayor yang difokuskan dalam riset ini adalah premis ekonomi kreatif.
Bidang fokus subyek riset: desain marketing communication, branding, environmen graphic design, video animasi pengetahuan dan LMS (learning management system), game, film dan videografi, buku atau media editorial visual, packaging, merchandise; dalam bentk luaran on-screen, digital interaktif, maupun on-surface. 
Ilmu riset dasar secara umum mengikuti alur dan metode/teknik yang sesuai dengan keilmuan DKV: studi eksperimental, riset kualitatif, dan riset kuantitatif berbasis visual.
Hasil akhir matkul ini berupa Konsep Desain yang wujudnya disesuaikan dengan subyek riset dan permasalahannya: naskah buku, story board, modeling sign dan EGD, dummy atau prototipe dasar, yang kesemuanya dilengkapi dengan contoh/sample dari end product untuk keperluan materi riset post-test. Konsep Desain menjadi bagian hasil riset dan dari buku Laporan DKV Konseptual.
Konsep Desain akan menjadi input bagi proyek TA; sehingga aktivitas utama TA adalah eksekusi desain dengan konsep dan data yang telah matang dan tersedia dari luaran mata kuliah DKV Konseptual.