Mata kuliah Topik Dalam Pengembangan Game, Gamification, dan Realitas X membahas berbagai konsep dan teknologi terkait pengembangan game, gamifikasi, serta aplikasi realitas X, yang mencakup augmented reality dan virtual reality. Mata kuliah ini dirancang untuk mengeksplorasi bagaimana teknologi-teknologi tersebut dapat digunakan dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan, bisnis, dan kesehatan, guna meningkatkan motivasi, interaktivitas, dan efektivitas.

Setiap pertemuan akan mencakup presentasi dan diskusi tentang topik-topik terkini dan penelitian terbaru yang dilakukan oleh peserta kuliah. Sesi ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman peserta tentang penerapan konsep-konsep ini dalam konteks nyata, serta mendorong kolaborasi dan umpan balik konstruktif.

Mahasiswa akan dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, dengan tugas untuk mempersiapkan presentasi, mengembangkan proyek penelitian, dan mempublikasikan temuan-temuan mereka. Hasil akhir dari mata kuliah ini diharapkan berupa pemahaman mendalam tentang potensi dan tantangan teknologi game, gamifikasi, dan realitas X, serta kemampuan untuk menerapkannya dalam skenario profesional dan akademik.