Capaian Pembelajaran:

Mampu melakukan seluruh tahapan riset mulai merancang riset hingga membuat laporan akhir dan termasuk di dalamnya mampu menerapkan metode statistika yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan di bidang Sosial dan Bisnis dengan benar.

Deskripsi Singkat MK

Riset Sosial dan Bisnis adalah matakuliah yang memberikan pengetahuan kepada mahasiswa sekaligus memberikan ketrampilan merancang, melakukan, menerapkan metode statistika yang sesuai  dan melaporkan hasil riset di bidang sosial dan bisnis

Materi Pembelajaran:

1. Pengantar Riset Sosial dan Bisnis

2. Metodologi dan Formulasi  Riset 

3. Merancang Proposal Riset Sosial dan Bisnis

4. Merancang alat pengumpulan data (kuisioner)

5. Menerapkan metode sampling yang sesuai

6. Melakukan Pengumpulan Data Riset

7. Metode Statistik untuk Pengolahan Data riset

8. Merancang Laporan Penelitian dan presentasi

Pustaka:

Utama
1. Research Methods for Graduate Business and Social Science Students, Jhon Adams, Hafiz T.A.Khan, Robert Raeside, dan David White, Response Books, New Delhi, India, 2007

Pendukung

2. Marketing Research, Naresh K.Malhotra, Pearson, 2010

3. Business Research Methods, Donald R.Cooper and Pamela S.Schindler, Mc Graw Hill, 2014

4. Social Research Methods, Alan Bryman, Oxford, 2012