MANAJEMEN PEMASARAN (BM185212)

Mata kuliah Manajemen Pemasaran diberikan untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana perilaku pasar, apa saja pemicunya, bagaimana melakukan pengelolaan pasar suatu produk yang  dimulai dengan mengetahui kebutuhan konsumen, hingga menterjemahkannya dalam strategi bagaimana memasuki suatu pasar, terkait dengan produk, harga, lokasi dan distribusinya.

Capaian Pembelajaran MK:

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa akan memiliki kompetensi:
  • Hard skills:
  1. Memahami dan mampu menggambarkan proses pemasaran di suatu usaha
  2. Memahami perilaku pasar dan konsumen serta mengenal berbagai alat bantu yang digunakan
  3. Merancang strategi pemasaran dan baurannya
  4. Memahami konsep pemasaran Internasional dan mengimplementasikannya
  • Soft Skills:
  1. Berani mengemukakan pendapat
  2. Mampu berkomunikasi secara verbal dan non verbal dengan baik
  3. Memiliki kemampuan presentasi yang efektif
  4. Memiliki sikap seorang pemasar yang beretika (sopan, berpengetahuan, berkomunikasi dengan baik, tangguh, disiplin)


Bahan Bacaan Utama:

  • Kotler, P., and Keller, K. (2016).Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education.

  • Kotler, P., and AmstrongG. (2017). Principles of Marketing, 17th Edition, Pearson Education.